Perspektif

Dalam segmen ini, kasus-kasus pelanggaran yang terjadi di masyarakat digunakan untuk menjelaskan perspektif KBB sebagai rekomendasi bagi penyelesaian masalah.

Perspektif berisi analisis kritis terhadap isu-isu kiwari seputar Kebebasan Beragama atau Berkeyakinan, khususnya di Indonesia. Artikel-artikel ini merupakan hasil riset kepustakaan (desk research) yang dilakukan oleh kontributor dengan menyertakan pendapat-pendapat para ahli di dalam konsorsium. 

Tujuan utama rubrik ini adalah sebagai ruang dialog gagasan yang kritis dan konstruktif seputar isu-isu KBB. Tulisan adalah pendapat personal dan tidak mewakili pandangan resmi institusi mana pun.  

Agama dalam RKUHP: Usulan Organisasi Masyarakat Sipil

Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) telah diterima dalam Sidang Paripurna DPR RI pada 6 Desember 2022. Salah satu persoalan yang mengemuka dalam diskusi mengenai RKUHP adalah terkait pasal-pasal mengenai agama/kepercayaan.

Tidak sedikit organisasi masyarakat sipil yang telah menaruh perhatian pada pasal-pasal terkait agama dalam RKUHP. Berikut ini beberapa tanggapan dan usulan revisi dari beberapa organisasi terhadap beberapa draft RKUHP selama enam tahun terakhir. Sebagian dari usulan yang diajukan beberapa lembaga ini tampak diakomodasi dalam versi RKUHP terakhir (6 Desember 2022), sebagian lain tidak.

Read More »